4 Desa Wisata Jawa Timur Masuk 50 Besar ADWI 2024

Diterbitkan tanggal 27 Mei 2024 606


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 melalui website dan instagram resmi kemenparekraf pada Minggu (26/5/2024).

Untuk Provinsi Jawa Timur sendiri terdapat empat Desa Wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI 2024 ini, diantaranya Desa Wisata Sempu di Kabupaten Kediri dengan klasifikasi Rintisan, Desa Wisata Dewi Anom di Kabupaten Malang dengan klasifikasi Berkembang, Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kabupaten Banyuwangi dengan klasifikasi Maju dan Desa Wisata Gunungsari di Kabupaten Madiun dengan klasifikasi Maju.

ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Mengutip website resmi Kemenparekraf RI, perjalanan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 telah memasuki babak akhir kurasi. Untuk mencapai tahap 50 Besar ini, para peserta harus mengikuti proses yang berat karena harus bersaing dengan 6016 desa wisata di seluruh Provinsi di Indonesia.

Hal ini mendorong para penggiat desa wisata untuk menunjukan pesona terbaik serta menggali potensi yang dimiliki desa wisata untuk disajikan dengan semenarik mungkin.

“Untuk sampai di titik ini perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan 6016 desa wisata lainnya, membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya. Menggali seluruh potensi dan menyajikannya dengan kemasan yang sangat menarik,” Ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui Instagram @anugerahdesawisataindonesia.

Proses kurasi melalui tahapan-tahapan yang panjang serta penilaian objektif oleh Dewan Juri, menghasilkan desa wisata terbaik yang menjadi barometer dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

“Setelah melalui proses kurasi yang panjang, analisis dan penilaian secara objektif oleh seluruh tim Dewan Juri, Kemenparekraf telah mendapatkan desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024,” kata Menparekraf.

Dalam momen ini, Menteri Sandiaga dengan sangat bangga mengumumkan 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta adwi 2024. Dengan sangat teramat bangga, saya umumkan 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia,” kata Sandiaga.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.