Bakorwil Bojonegoro Gelar Rakor Pemanfaatan RTH dan Perilaku Peduli Lingkungan di Masyarakat Tahun 2024

Diterbitkan tanggal 17 Mei 2024 414


Bakorwil II Bojonegoro menyelenggarakan rapat koordinasi mengenai pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan perilaku peduli lingkungan di masyarakat di Ruang Rapat Mliwis Putih Bakorwil Bojonegoro pada Kamis (16/5/2024).

Kegiatan ini mengundang Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR dari kabupaten/kota wilayah kerja Bakorwil II Bojonegoro, serta para pegiat lingkungan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber akademisi, yaitu Ir Putu Rudy Satiawan, M.Sc, dosen yang berfokus pada Pengembangan Perkotaan dan Desain, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 

Selain itu juga menghadirkan pegiatan lingkungan, Samudi, SST, SP, M.Agr dari Pokmas Rumah Kompos Kelurahan Lirboyo, Kediri. Membahas tentang pengalaman tentang inisiatif masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Acara dibuka oleh Kepala Bakorwil Bojonegoro, yang diwakili oleh Kepada Bidang Sarana dan Prasarana Bakorwil Bojonegoro. Dalam sambutannya ia menyoroti tantangan peningkatan gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Karenanya penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“RTH memiliki lima fungsi utama yaitu fungsi ekologi sebagai paru-paru kota, lokasi rekreasi, Estetik a untuk keindahan, planologi sebagai pembatas ruang, serta sarana pendidikan dan ekonomi," ujarnya.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyinkronkan langkah-langkah penanganan secara terpadu antar instansi terkait di kabupaten/kota, agar pengelolaan lingkungan hidup dapat berjalan optimal. Partisipasi aktif dari berbagai pihak sangat penting untuk mencapai tujuan kesehatan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

"Keberadaan RTH di wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro masih perlu dibenahi berdasarkan standar yang ditetapkan undang-undang. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas pengelola RTH dan peran pemangku kepentingan dalam mendorong pemanfaatan lahan sangat dibutuhkan," tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan memperkuat kolaborasi antar instansi untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari di wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.