Majukan Industri Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Timur Gelar Canthing Jawi Wetan Go Global Tahun 2022

Diterbitkan 23 Maret 2022 Dibaca 178 kali


Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Canthing Jawi Wetan Go Global yang akan dimulai pada 26 Maret 2022 sampai dengan 15 Juli 2022. Kegiatan ini akan menampilkan karya-karya dan pertunjukan khas Jawa Timur yang dapat disaksikan secara luring maupun daring.

Banyak kegiatan yang berlangsung selama gelaran Canthing Jawi Wetan Go Global, jadwal lengkapnya adalah sebagai berikut.

Pertama akan ada ulasan buku yang berjudul Canthing Bhayangkara Bumi Jawi Wetan yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2022 pukul 15.00 sampai dengan 17.00 WIB. Ulasan buku tersebut akan dihadiri oleh Siti Maemona, seorang Artisan Batik asal Bangkalan, kemudian Lintu Sulistiyantoro, Ketua Yayasan Komunitas Batik Jatim.

Tidak hanya itu, ada Yogi Rosdianta yang merupakan Artisan Batik asal Blitar. Prayogi Science seorang Artisan Batik asal Tulungagung juga akan ambil bagian serta Erward Hutabarat, Perancang Busana Wastra Nusantara akan memberikan wawasannya tentang busana Nusantara khususnya batik.

Selanjutnya masih pada hari yang sama, akan digelar peragaan busana karya dari Edward Hutabarat dan Denny Wirawan. Peragaan busana akan dilangsungkan di Tugu Pahlawan dan siarkan secara daring pada pukul 19.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Kemudian pada tanggal 26 Maret 2022 hingga 28 Maret 2022, akan digelar Bazar dan Pameran Batik di Kantor Gubernur Jawa Timur. Di Bazar nanti akan ada makanan dan jajanan khas Jawa Timur lalu ada juga Aksesoris dan Homedecor bernuansa batik.

Selanjutnya akan ada pameran lainnya diantaranya Terakota Mojopahit, Kuningan Jombang, Topeng Malangan, Bambu Gintangan dari Banyuwangi dan Blitar, Keris Sumenep, Kendang Jimbe dari Blitar, Kerajinan Kayu dan Kerang khas Jawa Timur, serta Jaranan dari Tulungagung, Ponorogo dan Kediri. Untuk registrasi pengunjung, dapat mengakses cjwgg.jatimprov.go.id.

Tidak berhenti sampai di situ. Ada juga pagelaran seni. Diantara seni yang akan tampi pada acara ini adalah Tari Bedaya Majapahit, Reog Kendang Tulungagung, Reog Ponorogo, Tari Kain Batik Kontemporer, Tari Gandrung Banyuwangi, Musik Keroncong dan Cokekan, Tari Topeng Malangan dan Tari Muang Sangkal Sumenep.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 26 Maret 2022 hingga 28 Maret 2022 di Kantor Gubernur Jawa Timur dan Monumen Tugu Pahlawan.

Paling menarik adalah lomba desain batik yang memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur. Pengumpulan karya mulai tanggal 1 Juni 2022 hingga 30 Juni 2022 melalui link bit.ly/lombadesainbatik2022.


BERITA LAINNYA


Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

bakorwil2@jatimprov.go.id

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2021. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.