Pemprov Jatim Raih Rekor Dunia MURI dalam Kegiatan Jalan Sehat Sambut Tahun Baru Islam

Diterbitkan tanggal 08 Juli 2024 118


Puluhan ribu masyarakat mengikuti kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H. Acara ini dilepas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di halaman timur Masjid Nasional Al Akbar Surabaya pada Sabtu (6/7) pagi.

Dengan tema “Muharram Ceria Ibadah Gembira,” Pj. Gubernur Adhy turut serta berjalan sehat bersama sekitar 50 ribu peserta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plh. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Togap Simangunsong, Forkopimda Provinsi Jawa Timur, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Jatim, termasuk Kepala Bakorwil Bojonegoro.

Rute jalan sehat dimulai dari Menara Masjid Al Akbar dan melintasi beberapa jalan di sekitar masjid, sebelum kembali ke titik awal. Para peserta juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah doorprize, termasuk 10 paket umroh gratis yang diundi langsung oleh Pj. Gubernur Adhy dan Plh. Dirjen Polpum Kemendagri.

Selain paket umroh, hadiah doorprize lainnya meliputi tiga unit sepeda motor, tujuh unit sepeda gunung, lima unit kulkas, lima unit laptop, dan lima unit TV, yang dibagikan oleh Kepala Perangkat Daerah dan Panitia Pelaksana.

Dalam kesempatan ini, ribuan peserta juga mengibarkan bendera merah putih di halaman Masjid Al Akbar, menciptakan pemandangan spektakuler dan memecahkan rekor dunia MURI untuk pengibaran bendera merah putih terbanyak di lingkungan masjid. Piagam Rekor Dunia MURI diserahkan oleh Tim MURI, Bryan Razu Ramadhan, kepada Pj. Gubernur Adhy.

Pj. Gubernur Adhy menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini yang dinilai mampu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

"Selamat mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka menyambut 1 Muharram 1446 Hijrah, sekaligus kita menggelorakan kembali rasa cinta tanah air dengan mengibarkan bendera," ujarnya.

Adhy juga mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah dari perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dan berharap Jawa Timur dapat terus bergerak ke arah yang lebih baik.

"Semoga kita selalu dibukakan pintu kesehatan, pintu keberkahan, pintu rezeki untuk masyarakat Jawa Timur. Semoga Jawa Timur tetap sejahtera dan lebih maju untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Plh. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Togap Simangunsong menambahkan bahwa kegiatan ini turut meningkatkan rasa nasionalisme.

"Penerimaan rekor MURI yang sudah diverifikasi diharapkan membangkitkan semangat nasionalisme dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote," ujarnya.

Melalui kegiatan Jalan Sehat ini, Pemprov Jatim tidak hanya menyemarakkan Tahun Baru Islam, tetapi juga mengingatkan pentingnya gaya hidup aktif dan sehat bagi seluruh masyarakat.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.