Peringati Hari Buku Nasional 2022, Gubernur Jawa Timur Buka Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022

Diterbitkan 17 Mei 2022 Dibaca 99 kali


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membuka Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Jawa Timur, Selasa (17/5/2022) di Maspion Square Surabaya.

Dalam acara tersebut, Kepala Bakorwil Bojonegoro Bapak Agung Subagyo, S.STP., M.Si juga turut mendampingi Ibu Gubernur.

Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2022 akan berlangsung selama enam hari yaitu mulai hari ini hingga 22 Mei 2022. Adapun Tema Festival Hari Buku Nasional Tahun 2022 ini adalah Transformasi Digital untuk Literasi Bangsa.

Dalam sambutannya, Ibu Khofifah mengatakan bahwa Festival ini adalah sebagai upaya untuk mencerdaskan dan membangun kebijaksanaan bagi seluruh proses berpikir, bersikap, dan bertindak.

"Seluruh rangkaian Festival Hari Buku Nasional ini adalah bagian dari upaya untuk mencerdaskan dan membangun kebijaksanaan bagi seluruh proses berpikir, bersikap, dan bertindak kita,” ujar Khofifah dalam sambutannya.

Peserta FHBN 2022 terdiri dari penerbit dari dalam dan luar negeri, lembaga kebudayaan, Perpustakaan Nasional beserta perpustakaan-perpustakaan daerah dan instansi pemerintah, distributor/toko buku, penerbit buku digital/elektronik (eBook), toko buku elektronik (eBook Stores), dan penyedia jasa/produk sarana penunjang pendidikan.

Acara ini merupakan hasil kerja sama IKAPI dengan beberapa instansi dan lembaga di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, Dinas Pendidikan Jatim, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim, LP Maarif PWNU Jatim, Dikdasmen Muhammadiyah Jatim, dan PT Enam Kubuku Indonesia E-Resources Transferring Knowledge.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menerima secara simbolis sumbangan tugu titik baca dari IKAPI dan PT Enam Kubuku Indonesia, sejumlah 63 titik baca yang selanjutnya diserahkan kepada 38 Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 20 Perpustakaan daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan 5 Bakorwil yang ada di Jawa Timur.

“Transformasi digital diharapkan bisa menjadi bagian dari gerakan peningkatan literasi kita semua. Sebanyak apa gadget yang kita punya, sebanyak apa fitur-fitur yang kita akses, proses itu harus diselenggarakan dengan lebih bijak dan cerdas," tutur Gubernur Jatim.

Hari Buku Nasional diresmikan pada 17 Mei tahun 2002 oleh Menteri Pendidikan Abdul Mailik Fadjar sekaligus merupakan peringatan Hari Buku Nasional pertama. Tanggal 17 Mei dipilih karena merupakan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu pada 17 Mei 1980.

Latar belakang dari Hari Buku Nasional pada tahun 2002 tersebut adalag adanya laporan UNESCO pada 2002, tingkat melek huruf orang dewasa atau penduduk berusia di atas 15 tahun berkisar di angka 87,9 persen. Angka ini jauh dibanding negara-negara kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia (88,7 persen), Vietnam (90,3 persen), dan Thailand (92,6 persen).

Bakorwil Bojonegoro juga telah melaksanakan berbagai kegiatan guna mendukung peningkatan literasi Masyarakat. Pada tahun ini Bakorwil Bojonegoro menyelenggarakan Bimtek Ayo Menulis Buku Pengayaan Pembelajaran; Ensiklopedia Desa dan Moderasi Beragama. Peserta Bimtek tersebut diantaranya kepala dinas, kepala kantor, pengawas, kepala sekolah dan guru SD hingga SMA, serta pegiat literasi dengan total peserta 1.562 orang.


BERITA LAINNYA


Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

bakorwil2@jatimprov.go.id

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2021. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.