Pj. Gubernur Adhy Perkenalkan Keindahan Pariwisata Jawa Timur dalam Welcome Dinner JWG Indonesia-Prancis

Diterbitkan tanggal 02 Juli 2024 100


SURABAYA, 2 JULI 2024 - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memanfaatkan momen Welcome Dinner Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, untuk memperkenalkan keindahan pariwisata Jawa Timur melalui tayangan slide video, Selasa (2/7) malam.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy mengungkapkan kebanggaannya terhadap keindahan alam Jawa Timur, yang meliputi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kawah Ijen Banyuwangi, serta berbagai air terjun dan pesona wisata alam lainnya.

Adhy mengatakan bahwa kehadiran JWG di Jawa Timur akan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Harapannya, para delegasi JWG dapat menikmati kunjungan ke Gunung Bromo dan mengadakan kunjungan-kunjungan lainnya di masa mendatang.

"Terima kasih telah memilih Jatim sebagai lokasi kegiatan ini. Kehadiran JWG di sini sangat berarti bagi perekonomian kami," tambahnya.

Menurut Adhy, sektor pariwisata Jawa Timur menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari Januari hingga Mei 2024, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 124.030, naik 62.670 kunjungan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain pariwisata, Adhy juga menyampaikan bahwa investasi di Jawa Timur pada triwulan pertama 2024 meningkat sebesar 20,7% (y-o-y), dengan investasi Prancis di Jatim mencapai US$ 109,8 juta.

Ia juga menyebutkan prestasi Jatim dalam sektor pendidikan. Provinsi ini menjadi yang terbanyak menerima peserta di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) selama empat tahun berturut-turut (2021-2024), serta melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021-2023.

Adhy menekankan bahwa Jawa Timur adalah lokomotif perekonomian nasional, menyumbang 14,4% dari PDB nasional, dengan PDRB terbesar kedua se-Pulau Jawa, mencapai 25% dari total PDRB Pulau Jawa.

Dalam pertemuannya dengan Dubes Prancis, Adhy membahas kerja sama dalam bidang pendidikan, riset, dan inovasi yang dihadiri oleh BRIDA, BRIN, Dirjen Vokasi, dan DIKTI. Jawa Timur akan memulai agenda di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk mengeksplorasi potensi kerja sama lebih lanjut.

Menurut Adhy, Prancis telah banyak berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan riset. Melalui Forum JWG, Pemprov Jatim bersama UNESA dapat memperkuat hubungan pendidikan dengan Prancis.

"Kami juga berharap Jatim dapat memperoleh kesempatan beasiswa di Prancis, termasuk dalam bidang riset," tambahnya.

Sementara itu, Sekjend Kemendikbudristek RI Suharti menuturkan bahwa Indonesia, khususnya Jawa Timur, terkenal dengan keindahan budaya dan pariwisata, termasuk wisata kuliner yang beragam. Ia berharap semua delegasi dapat menikmati kunjungan mereka di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Ambasador Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Fabien Penone, mengucapkan terima kasih kepada Pj. Gubernur Adhy atas sambutan hangatnya. Fabien mengakui bahwa Jawa Timur adalah provinsi besar dan penting, dan kunjungan ini merupakan kesempatan besar bagi para delegasi untuk lebih mengenal Jawa Timur dan Indonesia.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.