Pj. Gubernur Jawa Timur Buka Pekan Batik Daerah di Bojonegoro

Diterbitkan tanggal 05 Juni 2024 557


Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro pada Rabu (5/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Bupati Bojonegoro dan Forkopimda Bojonegoro, Bupati dari beberapa daerah di Indonesia, Konjen Australia di Surabaya serta jajaran Kepala OPD Provinsi Jawa Timur termasuk Kepala Bakorwil Bojonegoro Dr. Agung Subagyo, S.STP., M.Si.

Acara ini merupakan rangkaian acara pameran, pertunjukan budaya dan beragam kegiatan untuk mendukung dan mempromosikan batik lokal. Pekan Batik Daerah 2024 berlangsung selama 4 (empat) hari, yaitu tanggal 5-8 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Jawa Timur menyampaikan apresiasinya atas inovasi Kabupaten Bojonegoro dalam mempromosikan potensi batik daerah.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi upaya strategis untuk mendorong tumbuhnya perekonomian Bojonegoro, serta secara bersamaan nguri-uri budoyo, melestarikan budaya batik yang telah disahkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia." ujarnya.

Pj. Bupati Bojonegoro, Adriyanto menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mempromosikan batik lokal dan memperkenalkan kekayaan wastra kriya Bojonegoro. Pemkab. Bojonegoro menghadirkan pengrajin batik dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur.

Terdapat 84 stand gratis yang telah terisi penuh. Pengisi pameran diantaranya adalah dari OPD Pemprov. Jatim, Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota, pemerintah kabupaten/kota di Jatim dan Jateng, serta Asosiasi Batik dari berbagai daerah di Indonesia.

"Pekan Batik Daerah 2024 juga merupakan upaya untuk melaksanakan arahan Presiden RI untuk menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di setiap daerah di Indonesia. ," ujar Adriyanto.

Meski Bojonegoro tidak dikenal secara luas sebagai pusat batik, Bojonegoro aktif melestarikan dan mengkreasikan batik dengan kekayaan adat dan budaya lokal. Para seniman dan produsen batik Bojonegoro menciptakan motif yang menggambarkan kekayaan alam dan budayanya, seperti motif Kayangan Api, Wayang Thengul, dan Sekar Jati yang dikenakan oleh Pj. Gubernur Jatim dan Pj. Bupati Bojonegoro.

Pekan Batik Daerah 2024 terbuka untuk umum, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati dan memiliki motif batik dari berbagai daerah. Selain batik, berbagai produk UMKM seperti kerajinan kayu jati dan produk olahan khas Bojonegoro juga turut meramaikan acara ini.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.