Pj Gubernur Jawa Timur Tinjau Pasokan Ternak, Pastikan Jawa Timur Siap Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H

Diterbitkan tanggal 10 Juni 2024 172


Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, meninjau kesiapan hewan kurban menjelang Idul Adha 1445 Hijriah di HFT Glorious Farm, Kabupaten Lamongan pada Jumat (7/6/2024).

Hadir dalam peninjauan tersebut Bupati Lamongan dan jajaran Forkopimda Pemkab Lamongan serta jajaran Kepala OPD Pemprov Jawa Timur, termasuk diantaranya Kepala Bakorwil II Bojonegoro, Dr. Agung Subagyo, S.STP. M.Si.

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Peternakan kabupaten/kota untuk memastikan jumlah ketersediaan dan pemeriksaan hewan kurban. Total ketersediaan ternak siap kurban di Jawa Timur pada tahun 2024 mencapai 2,4 juta ekor, dengan kebutuhan 426 ribu ekor. Artinya, terdapat surplus sekitar 1,9 juta ekor.

"Tahun 2023, kebutuhan hewan kurban di Jawa Timur mencapai 349 ribu ekor. Tahun ini diprediksi meningkat 22 persen menjadi 426 ribu ekor," ungkapnya.

Selain memastikan jumlah hewan kurban, Pj Gubernur Jawa Timur juga menekankan pentingnya kesehatan hewan. Semua hewan kurban di Jawa Timur harus bebas dari penyakit seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD).

"Kami telah menyiapkan regulasi terkait kesehatan hewan ternak untuk memastikan seluruh hewan kurban sehat dan bebas penyakit," jelasnya.

Adhy juga meninjau kesiapan tempat pemotongan hewan. Di Jawa Timur, ada 30.229 lokasi yang tersebar di 38 kabupaten/kota, termasuk 131 Rumah Potong Hewan (RPH) dan 30.098 tempat di luar RPH yang telah mendapat izin. Sebanyak 153 petugas pemeriksa hewan kurban dan 1.623 petugas pemeriksa kesehatan telah dikerahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Adhy juga membeli beberapa ekor sapi tambahan yang akan dikirim ke pesantren-pesantren yang masih kekurangan hewan kurban. Terdapat juga sapi yang dipesan oleh Presiden Joko Widodo, yang merupakan spesies campuran sapi lokal dan Mongolia.

Dengan upaya ini, Adhy berharap perayaan Hari Raya Idul Adha dapat berjalan lancar dan semua hewan kurban yang disembelih serta dibagikan dagingnya terjamin kesehatannya.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

[email protected]

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.