Untuk yang Belum Kenal, Berikut Profil EJSC Bakorwil Bojonegoro

Diterbitkan tanggal 15 Juni 2022 8568


East Java Super Corridor (EJSC) adalah merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendekatkan layanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke masyarakat. EJSC hadir di lima kantor Bakorwil di antaranya EJSC Bakorwil Bojonegoro di Kabupaten Bojonegoro, EJSC Bakorwil Madiun di Kota Madiun, EJSC Bakorwil Malang di Kota Malang, EJSC Bakorwil Pamekasan di Kabupaten Pamekasan dan EJSC Bakorwil Jember di Kabupaten Jember.

EJSC menyediakan layanan-layanan yang diperlukan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti Industri Kecil dan Menengah (IKM), perusahaan rintisan (Start Up), dan dukungan terhadap lulusan S1, D3 dan SMA/ SMK.

Untuk mendukung hal tersebut di atas, di EJSC terdapat layanan Perizinan untuk 13 sektor, di antaranya sektor kesehatan, sektor kebinamargaan, sektor sumber daya alam. Selanjutnya sektor kelautan dan perikanan, sektor pertanian, sektor pendidikan, sektor koperasi, sektor ESDM, sektor IPR, sektor peternakan, sektor ketenagakerjaan, sektor kehutanan dan sektor perhubungan.

Hal ini dilakukan untuk optimalisasi percepatan kemudahan berusaha dan kemudahan mendapatkan informasi peluang investasi di Jawa Timur.

Di EJSC terdapat pula Co-Working Space yang dapat digunakan oleh kaum milenial untuk mengembangkan kreativitas digital. Untuk diketahui Co-Working Space adalah desain ruang kerja baru yang mana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan/organisasi yang berbeda di satu tempat.

Co-working space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya dengan cara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Co-Working Space di EJSC Bakorwil Bojonegoro memiliki akses internet gratis, tempat yang nyaman berpendingin ruangan serta fasilitas lainnya yang menunjang kenyamanan dalam berkreasi, diantaranya tempat diskusi atau kelas yang bisa digunakan untuk berdiskusi dan membuka kelas sharing serta tempat untuk mempresentasikan hasil karya para pengguna.

Terdapat pula Millenial Job Center atau MJC. MJC adalah Program pengembangan kompetensi bagi pemuda yang menekankan pada On The Job Learning dengan memberikan kesempatan pekerjaan temporer (proyek/tugas) berbayar dari klien dunia usaha atau organisasi.

MJC memiliki peran sebagai wadah bagi milenial dan dunia usaha untuk terhubung sesuai dengan profil, kekuatan, dan kebutuhan masing-masing pihak. Pihak-pihak yang terlibat, materi dan rekomendasi yang ada di MJC akan diseleksi berdasarkan kriteria yang disusun untuk menjawan tantangan yang dihadapi.

Di MJC akan mengkombinasikan aspek digital dan non-digital untuk membuka kesempatan kerja yang didukung oleh pihak pemerintah dan swasta di level nasional.

Selain layanan di atas di EJSC Bakorwil Bojonegoro juga menyelenggarakan pelatihan bagi UKM/ IKM/ Ekonomi Kreatif. Program ini khusus untuk kaum muda mengembangkan diri, menciptakan lapangan kerja, menumbuhkan Start-Up, menjamin bantuan bagi produksi dan distribusi produk-produk inovasi anak muda serta membantu promosi bagi usahawan muda.

Dapatkan berita lainnya melalui Google News

BERITA LAINNYA



Bakorwil Bojonegoro






Lokasi

Kontak

Jl. Pahlawan Nomor 5 Bojonegoro

(0353) 5254758, 881901

bakorwil2@jatimprov.go.id

http://bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id



Copyright © 2023. Situs Resmi Badan Koordinasi Wilayah Bojonegoro.